Sabtu, 15-02-2025
  • Santri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter Lokal
  • Santri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter Lokal

PEMBELAJARAN ONLINE DI WEBSITE SEKOLAH

Diterbitkan : - Kategori : Pojok Literasi

PENDAHULUAN

Status Pandemi membuat pemerintah melakukan berbagai kebijakan pembatasan kegiatan. Begitu pula Kementerian Pendidikan yang memutuskan untuk meniadakan pembelajaran tatap muka. Kebijakan yang awalnya hanya diterapkan di beberapa provinsi ini akhirnya sampai juga di Yogyakarta. Pemerintah Kabupaten Bantul pun mengeluarkan kebijakan serupa. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga melarang semua aktivitas kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah, untuk mencegah penularan virus Covid 19.

Tanpa mendapatkan juknis yang pasti, sekolah harus segera mengambil tindakan agar proses belajar mengajar dapat tetap terlaksana. Dengan pembatasan-pembatasan yang ada, koordinasi hanya dapat dilakukan melalui media online. Sebagai penentu kebijakan, penulis berkewajiban untuk membuat penelitian agar kebijakan yang dihasilkan teoritis dan efektif.

KAJIAN TEORI

Sesuai dengan prinsip “Trias Pendidikan” Ki Hajar Dewantara, bahwa tiga unsur utama dalam pendidikan adalah lingkungan keluarga peserta didik dalam hal ini orang tua, guru dan masyarakat dan sarana prasarana sekolah sebagai bagian sekolah. Yang terakhir yang harus diperhatikan adalah lingkungan sosial masyarakat maka saran dan masukan dari ketiga unsur tersebut menjadi komponen utama dalam membuat kebijakan. Komunikasi dengan ketiga unsur tersebut menghasilkan saran dan masukan sebagai berikut :

  1. Guru : Melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan media yang bisa dijangkau oleh semua orang tua/wali dan tidak membebani.
  2. Orang Tua : Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan harus fleksibel karena pertimbangan waktu dalam mendampingi anak-anak
  3. Masyarakat : Kegiatan tatap muka di sekolah harus dihentikan sementara sampai ada keputusan lebih lanjut

Dari saran dan masukan tersebut, penulis mengkaji beberapa literatur sebagai berikut :

  1. Menurut Peraturan Menteri Nomor 7 tahun 2020, pendidikan jarak jauh (PJJ) adalah proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi. PJJ diselenggarakan dengan bantuan beragam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan menggunakan sumber belajar yang berbasis TIK juga, https://pjj.ui.ac.id/ufaqs/apa-itu-pendidikan-jarak-jauh
  2. Metode Pembelajaran Jarak Jauh adalah strategi dan penerapan belajar mengajar sekolah dengan sistem belajar mengajar berbasis digital dengan bantuan teknologi, https://www.markombur.com/2020/03/metode-pembelajaran-jarak-jauh-di-sd.html
  3. Pembelajaran online pada pelaksanaannya membutuhkan dukungan perangkat-perangkat mobile seperti telepon pintar, tablet dan laptop yang dapat digunakan untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja (Gikas & Grant, 2013), Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1 , Sari Rahayu Rahman1
  4. Efektivitas pembelajaran adalah berhasil guna atau tepat guna, atau pencapaian tujuan pembelajaran. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI DARING DAN VIDEO CONFERENCE MATERI SYSTEM DESIGN AND ANALISYS METHOD (SDAM) MASA PANDEMI, Salma Nofri Yanti dan M. Yemmardotillah, STIT Ahlussunnah Bukittinggi

Dari hasil pencarian informasi melalui wawancara dan kajian literatur tersebut, penulis mengambil kesimpulan bahwa model pembelajaran jarak jauh yang akan diterapkan harus mudah digunakan, fleksible, memuat tujuan pembelajaran dengan jelas. Maka referensi model pembelajaran yang mungkin bisa digunakan sesuai dengan kemampuan awal penulis

  1. Moodle : Media yang didesain khusus untuk E-Learing ini memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi
  2. Google Meet / Zoom Meeting : Media ini merupakan alternatif terbaik untuk menggantikan pembelajaran tatap muka, akan tetapi akan menimbulkan pemakaian data membengkak dan pengeluaran ekstra dari orang tua/wali untuk menyiapkan perangkatnya
  3. Radio Komunikasi : Hampir sama fungsinya dengan Google Meet/Zoom Meeting hanya minus penampilan visual. Perangkat ini sudah tidak popular di masyarakat dan domisili guru yang jauh tidak dapat menjangkau area sekolah
  4. LMS Berbasis Website : Dapat menampung materi pembelajaran yang dibuat oleh guru dengan berbagai sumber eksternal. Fleksibel dan familiar penggunaannya baik oleh guru maupun orang tua/wali.

Berdasarkan pertimbangan tersebut diatas, penulis memutuskan untuk mengoptimalkan website sekolah yang sudah ada sebagai media utama untuk pembelajaran jarak jauh. Website sekolah yang berbasis WordPress perlu dibuat laman khusus pembelajaran online. Whatsapp Grup tetap menjalankan fungsinya sebagai media komunikasi dua arah yang efektif sebagai pendukung pembelajaran jarak jauh.

PENUTUP

Seiring berjalannya waktu, kebijakan yang diambil secara cepat dengan segala keterbatasan ini akan dievaluasi efektifitasnya. Tak lupa pula doa yang selalu dipanjatkan agar pandemi ini cepat berakhir sehingga kita dapat menjalani kehidupan dengan normal Kembali. Karena bagaimanapun canggihnya teknologi, tidak akan bisa memberikan norma dan nilai sosial yang akan kita tanamkan kepada peserta didik.

Daftar Pustaka

  • “Apa Itu Pendidikan Jaraj Jauh”, https://pjj.ui.ac.id/ufaqs/apa-itu-pendidikan-jarak-jauh
  • “Metode Pembelajaran Jarak Jauh di SD” https://www.markombur.com/2020/03/ metode-pembelajaran-jarak-jauh-di-sd.html
  • “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”,  Firman, Sari Rahayu Rahman, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2010
  • Efektifitas Penggunaan Aplikasi Daring Dan Video Conference Materi System Design And Analisys Method (Sdam) Masa Pandemi”, Salma Nofri Yanti dan M. Yemmardotillah, STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 2020
  • Membangun Course E-learning Berbasis Moodle”, Herman Dwi Surjono, UNY Press, 2010.
  • “Cara Membuat Website Edukasi dengan WordPress LMS”, https://www.jagoan hosting.com/blog/membuat-website-edukasi, 2015

Penulis :
Maftuh Lutfi Nur Fauzi
Kepala Sekolah SDNU Pemanahan Pleret

Pengumuman

Atribut Direction di Tag Marquee Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru Info Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2025/2026

    Alamat Sekolah

    Gg. Gurian, RT 12 Kerto Kidul, Desa Pleret, Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul

    Jadwal Sholat


    jadwal-sholat

    CHAT DISINI