- Visi
“Membentuk Santri Aswaja Generasi Qurani, Mandiri, Berprestasi, Berwawasan Global, Berkarakter Lokal”
(Satria Manggala)
- Misi
- Mewujudkan lembaga pendidikan yang terkemuka dan maju dalam mengembangkan potensi peserta didik.
- Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)
- Meningkatkan kemampuan siswa di bidang life skill, IPTEK, dan penguasaan Bahasa Arab dan Inggris untuk membangun kepercayaan diri dan kemandirian
- Mewujudkan prestasi peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik.
- Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga terkait, baik dalam amupun luar negeri, untuk meningkatkan kualitas pemyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran.
- Membudayakan perilaku hidup bersih, sehat, dan cinta lingkungan hidup dan melestarikannya.
- Mengupayakan iklim yang kondusif bagi tumbuh kembang anak sehingga peka terhadap lingkungan.
- Mengembangkan program dan kegiatan untuk mengoptimalkan bakat dan minat siswa.
- Memadukan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan dalam pendidikan dan pembelajaran.
- Tujuan Umum Sekolah:
- Mewujudkan lembaga pendidikan yang terdepan dan terpercaya dalam pemaduan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.
- Membentuk warga sekolah yang santun, taat beribadah serta trampil dalam pengamalan.
- Membentuk generasi unggul berprestasi di segala bidang, baik akademik maupun non akademik.
- Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM)
- Membekali peserta didik dengan kecakapan hidup (life skill ), IPTEK, dan penguasaan Bahasa Arab dan Inggris dalam kehidupan nyata.
- Membentuk genersai yang berakhlak mulia, cerdas, dan berwawsan luas, mandiri, dan berbudaya.
- Membentuk pribadi yang memiliki sikap inklusif, toleran, dan menghargai nilai-nilai keindonesiaan dan kemodernan dalam bingkai keislaman.
- Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan dunia usaha
(industri).
- Menguatkan pendidikan agama melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah
- Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan
- Mengembangkan kurikulum yang adaptif.
- Menerapkan evaluasi pembelajaran sebagai basis peningkatan mutu pendidikan.
- Mengupayakan ketersediaan sarana dan prasarana yang representatif.
- Tujuan Khusus
- Siswa duduk dibangku kelas V sudah hafal juz 30 bil makhroj metode Yanbu’a Kudus, dengan tahapan sbb:
- Kelas I hafal minimal 15 surat;
- Kelas II hafal minimal 10 surat;
- Kelas III hafal minimal 5 surat;
- Kelas IV hafal minimal 4 surat;
- Kelas V hafal minimal 3 surat.
- Melaksanakan ekstrakurikuler Qiraah, drumband, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, TIK, public speaking, dan pramuka.
- Mempersiapkan peserta didik dapat berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.
- Mengembangkan prestasi dengan mengikutsertakan peserta didik dalam berbagai lomba/kejuaraan.
- Mengembangkan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient / SQ) melalui pembiasaan beribadah di sekolah dengan melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah, shalat dluha, tadarus al-Qur’an, dan hafalan juz amma.
- Mewujudkan budaya membaca untuk menambah wawasan siswa.
- Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, bersih dan nyaman.
- Membudayakan rasa kebersamaan dengan makan bersama.
- Membudayakan Bahasa Jawa Krama dalam pergaulan sehari-hari untuk pembentukan karakter peserta didik.
- Menanamkan nilai-nilai dan karakter melalui pembacaan dongeng (telling story).
- Mengembangkan kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient / IQ), kecerdasan emosi (Emotional Quotient / EQ), dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient / QS) secara integratif, sistematis, dan berkesinambungan.