Rabu, 19-03-2025
  • Santri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter Lokal
  • Santri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter LokalSantri Aswaja, Mandiri, Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter Lokal

“Menggunakan Media Sederhana Untuk Materi Dengan Kompleksitas Yang Tinggi”

Diterbitkan : - Kategori : Pojok Literasi

BEST PRACTICE METODE STAR

Situasi

Peserta didik kesulitan memahami materi dengan tingkat kompleksitas yang cukup tinggi. Seperti pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok garis berpotongan dan bangun datar ini. Peserta didik kesulitan untuk membayangkan apa yang diajarkan. Kreatifitas guru untuk membuat media pembelajaran kurang karena tidak adanya dukungan fasilitas yang memadai.

Tantangan

Hasil observasi menunjukkan bahwa dalam memahami materi yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi, peserta didik tidak perlu menghabiskan energinya untuk berimajinasi. Hal ini berarti guru harus menyajikan benda konkret yang relevan dengan materi pelajaran ini. Fasilitas memang menjadi salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Dengan fasilitas yang terbatas, kreatifitas guru merupaka factor penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran yang sederhana namun bermakna dapat terlaksana dengan fasilitas yang seadanya. Keberanian mencoba adalah kata kunci yang tepat karena tanpa adanya aksi kita tidak akan dapat melakukan refleksi.

Aksi

Materi yang dipilih dalam pembelajarn ini adalah mata pelajaran Matematika dengan Pokok Materi tentang Garis Berpotongan dan Bangun Datar. Model pembelajaran yang dipakai Discovery Learning. Model ini diharapkan mampu memancing keaktifan siswa dalam pembelajaran kolaboratif di dalam kelompok sehingga akan tercipta diskusi ilmiah yang menarik. Sebelum dimulai pembelajaran peserta didik terlebih dahulu melihat tayangan video tentan pembelajaran ini. Media pembelajaran yang digunakan sangat sederhana yaitu dengan kertas karton dan beberapa alat tulis pelengkap. Matematika konkret disajikan dengan mengamati lingkungan sekitar tentang bangun datar. Pembuatan LKPD yang menarik membantu meningkatkan minat peserta didik terharap materi ini.

Refleksi Hasil dan dampak

Pembelajaran dengan model Discovery Learning ini berhasil memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik. Media pembelajaran sederhana yang digunakan secara efektif dan efisien berdampak pada peningkatan motivasi peserta didik. Perencanaan model pembelajaran ini disesuaikan dengan keseharian dari peserta didik, sehingga lebih bermakna

Daftar Pustaka

  • “Penyebab Kesulitan Belajar”, https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/mengapa-siswa-tidak-paham-pelajaran
  • Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Ips Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar, S Alfiah1* , S Isitiyati2 , dan H Mulyono2
  • https://psikologi.uma. ac.id/kurangnya-peran-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak/ Dalam “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar”,  Rusmin Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa”, Nur Diana Rosyidah Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2019 “Integrasi Pendidikan, Sains dan Teknologi dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah di Era Revolusi Industri 4.0“

Pengumuman

Atribut Direction di Tag Marquee Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru Info Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2025/2026

    Alamat Sekolah

    Gg. Gurian, RT 12 Kerto Kidul, Desa Pleret, Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul

    Jadwal Sholat


    jadwal-sholat

    CHAT DISINI