Berawal dari keingintahuan penulis terhadap pendekatan yang dilakukan guru untuk memahami karakteristik peserta didik, agar pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan harapan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya melakukan pendekatan untuk memahami karakteristik peserta didik, pendekatan-pendekatan yang dilakukan guru, karakteristik yang dihasilkan dari pendekatan yang dilakukan guru, serta faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pendekatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya yaitu Kepala Sekolah, guru kelas , siswa , serta wali murid . Sedangkan objeknya yaitu pendekatan guru dalam memahami karakteristik peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya memahami karakteristik peserta didik adalah menjadi acuan guru dalam menyiapkan strategi, metode, maupun pendekatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, memahami karakteristik peserta didik merupakan bagian dari kompetensi pedagogik dan mengetahui karakteristik peserta didik juga merupakan prinsip dari pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan guru dalam memahami karakteristik peserta didiknya adalah pendekatan mikro dan pendekatan makro. Karakteristik yang dihasilkan dari pendekatan tersebut adalah dari faktor fisik