SKENARIO HOME LEARNING SDNU PEMANAHAN
Kelas : 4
Hari/Tanggal : Senin, 30 Maret 2020
Tema : 9 (Kayanya Negriku)
Sub Tema :2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia )
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Dengan pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan pengamatan siswa dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari terhadap sumber daya alam dengan penuh kepedulian.
3. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui perilaku-perilaku yang menunjukkan
pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
terhadap sumber daya alam.(seusai KI/KD/Buku Guru)
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1. Sebelum belajar peserta didik diharapkan membaca Asmaul Husna didampingi oleh orang tua/wali. Kemudian peserta didik melaksanakan ibadah Sholat Dhuha berjamaah bersama orang tua/wali atau mandiri. Orang tua diharapkan mendampingi peserta didik dalam ibadah ini. Kemudian menuliskannya di buku pedoman belajar di rumah yang sudah guru siapkan.
2. Setelah selesai melaksanakan ibadah Sholat Dhuha peserta didik membaca doa akan belajar kemudian membuka buku tematik paket halaman 75 pembelajaran 4.
3. Peserta didik membaca bacaan tentang hak dan kewajiban sumberdaya alam. (kegiatan mengamati).
4. Bersama orang tua /wali coba identifikasikan perilaku orang – orang disekitarmu yang berkaitan dengan penggunaan sumberdaya alam dalam kegiatan
5. Setelah selesai mengidentifikasikan perilaku orang – orang di sekitar peserta didik membaca bacaan yang ada dibuku paket halaman 78 tentang Manfaat Minyak Bumi Untuk kehidupan manusia. Setelah selesai mmembaca peserta didik diminta mencari gagasan pokok dan gagasan pendukung pada setiap paragaf dalam bacaan.
(ditulis di buku tulis, jangan lupa ditulis tugas Hari ……………, Tanggal …………….)
Evaluasi :
Jawablah soal – soal dibawah ini dengan benar. (ditulis di buku tulis, jangan lupa ditulis tugas Hari ……………, Tanggal …………….)