KELAS : II (DUA)
HARI/TANGGAL : SELASA, 31 MARET 2020
TEMA : 7 (KEBERSAMAAN)
SUBTEMA : 3 (KEBERSAMAAN DI TEMPAT BERMAIN) PEMBELAJARAN : 3 (TIGA)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia (KD 3.8)
1. Peserta didik dapat memahami isi dongeng
2. Peserta didik dapat membacakan teks dongeng
PKn (KD 3.3)
3. Peserta didik dapat menentukan karakteristik individu berdasarkan kegemaran
4. Peserta didik dapat mengelompokkan teman sekolah berdasarkan kegemaran
Matematika (KD 3.7)
5. Peserta didik dapat menentukan nilai pecahan6. Peserta didik dapat mengelompokkan pecahan setengah, sepertiga, seperempat
KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
1. Sebelum belajar peserta didik diharapkan membaca Asmaul Husna didampingi oleh orang tua/wali. Kemudian peserta didik melaksanakan ibadah Sholat Dhuha berjamaah bersama orang tua/wali atau mandiri. Orang tua diharapkan mendampingi peserta didik dalam ibadah ini. Kemudian menuliskannya di buku pedoman belajar di rumah yang sudah guru siapkan.
2. Setelah selesai melaksanakan ibadah Sholat Dhuha peserta didik membaca doa akan belajar.
3. Peserta didik membuka buku paket tematik halaman 133, kemudian peserta didik membaca cerita yang berjudul “Kupu-kupu Berhati Mulia”. (kegiatan mengamati)
4. Selanjutnya peserta didik dan orangtua/wali bertanya jawab tentang isi bacaan tersebut. (kegiatan menanya)
5. Setelah selesai melakukan tanya jawab peserta didik mencari kata sapaan yang ada dalam cerita tersebut. Kemudian ditulis di buku tugas. (kegiatan mencoba)
6. Peserta didik didampingi orang tua/wali menjawab latihan soal di buku paket tematik halaman 135-136. Dikerjakan langsung di buku paket tematik. (kegiatan mencoba)
7. Selanjutnya peserta didik didampingi orang tua/wali mengerjakan latihan soal di buku paket tematik halaman 137-140. Dikerjakan langsung di buku paket tematik. (kegiatan mencoba)
8. Peserta didik dapat menjelaskan kepada orang tua/wali tentang pelajaran yang telah dipelajari. (kegiatan menalar)
9. Peserta didik menunjukkan hasil pekerjaannya kepada orang tua/wali dan orang tua/wali memberikan masukan terhadap pekerjaan putra-putrinya. (kegiatanmengkomunikasikan)
EVALUASI
Salin dan jawablah soal-soal di bawah ini di buku tugas!
1. Sebutkan 2 contoh dongeng fabel (dongeng binatang)? (Bahasa Indonesia KD 3.8)
2. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbdea kegemaran? (PKn KD 3.3)
3. Siti mempunyai 4 bunga, 1 bunga matahari dan 3 bunga anggrek. Bunga matahari dapat dinyatakan dengan pecahan … (Matematika KD 3.7)
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
SKENARIO HOME LEARNING SDNU PEMANAHAN
Kelas : II (Dua)
Hari/ tanggal : Selasa, 31 Maret 2020
Mapel : Bahasa Arab
Tema : Pelajaran 11
Sub Tema : transportasi
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui nama-nama transportasi dalam Bahasa Arab dan menghafalkannya. Diharap nanti siswa bisa mengingat apabila ketika hendak menjumpainya di jalan.
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
1. Siswa mencatat kosa kata di bawah ini
2. Siswa menghafalkannya
EVALUASI
Kegiatan dengan orang tuaSiswa menghafalkan mufrodat (kosa kata ) yang sudah di tulis di buku tulis.
Kemudian orang tua menyimak hafalan siswa. Setelah selesai orang tua memberi tanda tangan dan tanggal sebagai bukti sudah menyetorkan hafalannya.