TEMATIK
KELAS : II (DUA)
HARI/TANGGAL : SELASA, 24 MARET 2020
TEMA : 7 (KEBERSAMAAN)
SUBTEMA : 2 (KEBERSAMAAN DI SEKOLAH)
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Peserta didik dapat memahami sikap terhadap teman yang berbeda suku dan menyatakan bentuk pecahan dalam kehidupan sehari-hari
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
1. Sebelum belajar peserta didik diharapkan membaca Asmaul Husna didampingi oleh orang tua/wali. Kemudian peserta didik melaksanakan ibadah Sholat Dhuha berjamaah bersama orang tua/wali atau mandiri. Orang tua diharapkan mendampingi peserta didik dalam ibadah ini. Kemudian menuliskannya di buku pedoman belajar di rumah yang sudah guru siapkan.
2. Setelah selesai melaksanakan ibadah Sholat Dhuha peserta didik membaca doa akan belajar kemudian membuka buku tematik paket halaman 107 pembelajaran 6. Peserta didik membaca bacaan yang berjudul “Lomba Kebersihan”.(kegiatan mengamati)
3. Setelah peserta didik membaca bacaan tersebut peserta didik dan orang tua/wali melakukan tanya jawabyang terkait dengan materi tersebut.(kegiatan menanya)
4. Selesai melakukan tanya jawab peserta didik menuliskan dongeng singkat tentang fabel (cerita binatang) dengan bantuan orangtua/wali. Peserta didik menulis di buku tugas kemudian diberi hiasan yang menarik. Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama tokoh di dongeng tersebut dan watak tokoh.(kegiatan mencoba)
5. Setelah itu peserta didik mengerjakan latihan di buku tematik paket halaman 109-110 soal-soal tentang pecahan. (ditulis di buku paket) (kegiatan mencoba)
6. Peserta didik didampingi orangtua/wali membuat gambar persegi dan lingkaran kemudian gambar tersebut dibagi sehingga menunjukkan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat menggunakan kertas warna/origami/manila/mas. kemudian ditempel di buku tugas.(kegiatan mencoba)
7. Orangtua/wali menjelaskan kepada peserta didik tentang gambar pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat yang berasal dari gambar utuh.(kegiatan menalar)
8. Peserta didik dapat menjelaskan kepada orangtua/wali tentang gambar pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.(kegiatan mengkomunikasikan)
EVALUASI
1. Beni berasal dari Suku Batak, Siti berasal dari Suku Jawa, dan Faris merasal dari Suku Minangkabau. Bagaimana sikap Faris terhadap Beni dan Siti yang berbeda suku?
2. Tuliskan 5 suku di Indonesia beserta daerah asalnya!
3. Buatlah pecahan sepertiga gambar di bawah ini dengan cara mengarsir!
Selamat belajar semoga lancar dan selalu diberi kesehatan.
PELAJARAN : BAHASA ARAB
SKENARIO HOME LEARNING SDNU PEMANAHAN
Kelas : II (Dua)
Hari/ Tanggal : Selasa, 24 Maret 2020
Mapel : Bahasa Arab
Tema : Pelajaran 10
Sub Tema : Isyarotun mururi (Rambu-rambu lalu lintas)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui nama –nama rambu lalu lintas dalam Bahasa Arab dan menghafalkannya. Siswa bisa mengingat apabila ketika hendak menjumpainya di jalan.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
EVALUASI
Kegiatan dengan orang tua
Setelah selesai orang tua memberi tanda tangan dan tanggal sebagai bukti sudah menyetorkan hafalannya.