KELAS : II (DUA)
HARI/TANGGAL : SABTU, 28 MARET 2020
TEMA : 7 (KEBERSAMAAN)
SUBTEMA : 3 (KEBERSAMAAN DI TEMPAT BERMAIN)
PEMBELAJARAN : 1 (SATU)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
1. Peserta didik dapat memahami isi dongeng
2. Peserta didik dapat membaca dongeng
Matematika
3. Peserta didik dapat menentukan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat
4. Peserta didik dapat mengelompokkan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat
SBdP
5. Peserta didik dapat memahami gambar imajinasi6. Peserta didik dapat menggambar imajinasi
KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pendekatan Saintifik)
1. Sebelum belajar peserta didik diharapkan membaca Asmaul Husna didampingi oleh orang tua/wali. Kemudian peserta didik melaksanakan ibadah Sholat Dhuha berjamaah bersama orang tua/wali atau mandiri. Orang tua diharapkan mendampingi peserta didik dalam ibadah ini. Kemudian menuliskannya di buku pedoman belajar di rumah yang sudah guru siapkan.
2. Setelah selesai melaksanakan ibadah Sholat Dhuha peserta didik membaca doa akan belajar.
3. Peserta didik membuka buku paket tematik halaman 113 sub tema 3 pembelajaran 1. Peserta didik mengamati kegiatan “bermain di halaman sekolah” yang disajikan, peserta didik memahami isi teks berkaitan kebersamaan di tempat bermain. (kegiatan mengamati)
4. Peserta didik dan orang tua/wali membaca dongeng berjudul “Kisah Kucing dan Tikus” secara bergantian pada halaman 115-117. (kegiatan mengamati)
5. Selanjutnya peserta didik dan orangtua/wali bertanya jawab tentang isi dongeng tersebut. (kegiatan menanya)
6. Setelah selesai melakukan tanya jawab peserta didik mengerjakan soal halaman 118-120 di buku paket tematik. (kegiatan mencoba)
7. Kemudian buka buku halaman selanjutnya tentang menggambar imajinasi. Orangtua/wali menjelaskan kepada peserta didik apa yang dimaksud dengan menggambar imajinasi.
8. Setelah peserta didik paham, peserta didik mencoba berkreasi menggambar imajinasi tentang suasana di halaman sekolah ketika jam istirahat seperti perintah di halaman 122. Peserta didik menggambar di buku gambar atau kertas HVS kemudian dikumpul saat sudah masuk sekolah sebagai penilaian mata pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) praktik. (kegiatan mencoba)
9. Setelah selesai menggambar peserta didik menjelaskan kembali apa arti menggambar imajinasi, langkah-langkah menggambar, dan alat dan bahan yang digunakan. (kegiatan menalar)
10. Peserta didik dapat menjelaskan ke orang tua/wali tentang gambar yang telah dibuat. (kegiatan mengkomunikasikan)
EVALUASI
Salin dan jawablah soal-soal di bawah ini di buku tugas!
1. Apa pelajaran yang dapat diambil dari dongeng yang berjudul “Kisah Kucing dan Tikus”? (Bahasa Indonesia KD 3.8)
2. Siti mempunyai selembar kertas. Kertas tersebut dipotong menjadi 4 bagian sama besar. Berapa nilai setiap bagiannya? (Matematika KD 3.7)
3. Apa yang dimaksud menggambar imajinasi? (dapat dicari di LKS halaman 64 atau internet) (SBdP KD 3.1)
4. Bagaimana langkah-langkah menggambar imajinasi? (SBdP KD 3.1)
5. Sebutkan alat dan bahan untuk menggambar imajinasi? (SBdP KD 3.1)
Selamat belajar semoga lancar dan selalu diberi kesehatan.
Aamiin.